RMD Paling Siap Tarung di Pilgub 2024

0
204

KINNI.ID, BANDARLAMPUNG – Pakar politik Universitas Lampung Darmawan Purba menilai sosok Rahmat Mirzani Djausal (RMD) paling siap untuk menghadapi pertarungan politik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2024.

“RMD memiliki indikator-indikator kepemimpinan untuk membawa perubahan di Provinsi Lampung dengan relasi kuasa yang dimilikinya,” kata Darmawan saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa (11/6/2024) malam.

Deklarasi RMD sebagai Calon Gubernur Lampung pilihan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto dinilai menjadi modal politik yang kuat untuk dapat menghimpun kekuatan politik menghadapi Pilkada Serentak 2024.

“Rekomendasi pencalonan RMD sebagai Calon Gubernur Lampung mudah didapatkan berkat komunikasi politik di tingkat elit secara nasional,” ujar Darmawan.

Terlebih, Partai Gerindra menjadi partai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 di Provinsi Lampung.

“Harus diakui kemenangan Partai Gerindra di Provinsi Lampung, dengan perolehan 16 kursi DPRD Provinsi, menjadi modal politik yang paling besar dimiliki oleh RMD untuk mengajak mitra koalisi partai,” ujar Darmawan.

Perolehan kursi parlemen ini semakin memudahkan RMD sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Lampung untuk mengajak partai lain mengusung dan mendukung dirinya di pilkada karena hanya kurang satu kursi.

“Belum lagi hasil Pemilu Presiden 2024 yang lalu di Provinsi Lampung menempatkan kemenangan Prabowo Subianto dengan angka yang fantastis 69%,” kata dia.

Darmawan menilai kemenangan Gerindra dalam Pileg dan Pilpres 2024 tidak lepas dari mesin politik dan jejaring pemilih yang solid.

“Kinerja elektoral RMD sebagai bagian dari struktur partai tentunya menjadi prestasi yang membanggakan,” ujar dia.

Secara psikologis, infrastruktur politik yang dibangun RMD di Pemilu 2024 ini sangat bisa diandalkan untuk memengaruhi pilihan masyarakat dalam Pilkada 2024.

“Infrastruktur politik ini bisa diarahkan untuk membangun popularitas, elektabilitas, akseptabilitas RMD di tengah-tengah masyarakat,” kata dia.

BACA JUGA :   Daftar Bacaleg KPU, Partai Perindo Lampung Target Semua Dapil Terisi

Kemudian dari sisi pembiayaan infrastruktur politik tadi, Darmawan Purba juga menilai RMD paling siap untuk itu dengan profesinya sebagai pengusaha muda.

Namun, dia mengingatkan agar RMD selektif dalam memilih calon wakil gubernur sebagai pendampingnya di Pilgub Lampung.

“Sosok wakil harus merepresentasikan segmentasi kelompok pemilih terbesar di Provinsi Lampung sebagai pendukung dan kekuatan utama dalam proses pencalonan,” ujar Darmawan.

Dalam konsep pemilu dan pilkada, lanjut dia, relasi sosial yang dimiliki pasangan calon seperti kedekatan etnisitas dan ormas, jauh lebih mudah dan efektif dalam pemberian dukungan. (Red)

Facebook Comments