DKP Mesuji Sosialisasi Aplikasi Si Kawan Siaga Pangan

0
304

Kinni.id, Mesuji – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Mesuji melalui bidang Ketersediaan, Kerawanan Pangan, Distribusi dan Harga Pangan, mensosialisasikan Aplikasi “Si Kawan Siaga Pangan” (Sistem Informasi Ketersediaan Kerawanan Pangan Distribusi dan Harga Pangan), Wiralaga Mulya, kamis (11/05/23).

Kepala Bidang Ketersediaan, Kerawanan Pangan, Distribusi dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Mesuji, Arif Apriyanto mengatakan, Aplikasi “Si Kawan Siaga Pangan” bertujuan agar data Ketahanan Pangan terhimpun dalam satu tempat, dan mudah diakses bagi siapa saja yang terhubung melalui Website Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji.

Aplikasi “Si Kawan Siaga Pangan” itu, kata dia, bisa diakses oleh para enumerator data ketahanan pangan yang berasal dari enumerator harga desa, enumerator harga kecamatan, dan enumerator data ketahanan pangan yang berasal dari lintas sektoral, yang selanjutnya data yang telah diinput dan diverifikasi oleh Operator Dinas Ketahanan Pangan untuk selanjutnya dapat di publish dan dinikmati semua pihak melalui Website Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji,” ucapnya mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mesuji, Arif Dwiyanto dikantor.

Tata cara penggunaan atau penyimpanan data secara virtual itu, arif juga menjelaskan kepada awak media, baru saja disosialisasikan kepada enumerator di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji, selanjutnya akan segera diagendakan untuk disosialisasikan kepada enumerator di 105 desa dan instansi terkait. Arif juga berharap, agar supaya data ketahanan pangan ini bisa tersimpan dengan lebih baik sehingga mudah diinformasikan kepada banyak pihak, “Jelasnya.

Selain itu juga sangat memudahkan kepala daerah beserta jajaran pengambil kebijakan dalam memantau kondisi ketahanan pangan daerah secara real time. “Dengan demikian, pengambilan kebijakan ketahanan pangan di daerah bisa lebih cepat dan akurat terutama menghadapi kondisi inflasi saat ini dimana daerah harus menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di daerahnya”, ” Ujarnya.

BACA JUGA :   PWI Lampung dan IIB Darmajaya Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Aplikasi tersebut, sudah dibangun sejak Agustus 2022. “Tugas kami melakukan pemantauan, verifikasi dan kontroling melalui aplikasi tersebut,” katanya. (Nai)

Facebook Comments