PT SPMN Group Bersiap untuk Transformasi Bidang Kesehatan di Era Digita

0
52

Kinni.id, Sumatera Utara – Di tengah gejolak transformasi digital yang melanda berbagai sektor, dunia kesehatan tak luput dari gelombang inovasi yang mengubah cara layanan medis disajikan. Sebagai langkah proaktif, PT SPMN Group, sebuah entitas di bawah payung Holding PTPN III (Persero), telah melangkah jauh untuk memperkenalkan solusi kesehatan terdepan kepada masyarakat.

Pada bulan Februari 2024, PT SPMN Group merangkul revolusi digital dengan menghadiri acara penting yang diadakan oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumatera Utara. Seminar dan workshop bertema “Kesehatan Rumah Sakit Dalam Transformasi Kesehatan Di Era Digital” ini menjadi platform penting bagi PT SPMN Group untuk berbagi visi dan pengetahuan dengan para pemangku kepentingan industri kesehatan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari secara intens di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan Sumatera Utara. Menurut rilis yang diterima Kinni.id, Rabu (20/03/24).

Seminar & Workshop tersebut turut dihadiri oleh Direktur PT SPMN, Kepala Divisi Operasional Klinis, Kepala Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi, Kepala Rumah Sakit Sri Pamela Sei Dadap, Kelapa Rumah Sakit Sri Pamel Membang Muda, Kepala Rumah Sakit Sri Pamela Torgamba dan Manajer Klinik Sri Pamela Aek Nabara.

Mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga berkontribusi aktif dalam diskusi yang menghidupkan topik-topik menarik seperti kesiapan rumah sakit dalam menghadapi tantangan era digital, strategi pemasaran dalam dunia yang semakin bersaing, hingga aspek hukum yang mengatur praktik kesehatan modern.

Salah satu sorotan utama dari kegiatan ini adalah penerapan rekam medis elektronik (RME) dalam mendukung sistem pelayanan kesehatan nasional, termasuk program i-Care JKN & Smart Claim. Hal ini menjadi langkah dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan.Berikut adalah materi yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut, antara lain:

BACA JUGA :   Tiyuh Margo Mulyo Adakan Pagelaran Wayang Kulit dan Doa Bersama

Materi yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut meliputi:
Kesiapan rumah sakit dalam transformasi kesehatan di era digital
Membangun tim work, kolaborasi, dan sinergi antar manajemen pelayanan medis.

Strategi rumah sakit menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif, kebijakan dan penerapan rekam medis elektronik (RME) di fasilitas pelayanan kesehatan penerapan RME dalam mendukung penerapan i-Care JKN & Smart Claim Persiapan infrastruktur IT dalam implementasi SIMRS-RME di fasyankes.

Penerapan etika rumah sakit untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien. Menaati regulasi perumahsakitan dan standar pelayanan rumah sakit
Pertanggungjawaban hukum rumah sakit atas kelalaian yang dilakukan SDM Kesehatan.

Penerapan teknologi digital pada strategi pemasaran untuk memperkuat daya saing rumah sakit, optimalisasi jaminan kesehatan nasional dengan pelayanan yang efektif dan efisien.

Kiat rumah sakit dalam optimalisasi pemasaran bisnis di era digitalisasi
Update regulasi dan medical staf by law yang merujuk pada UU No. 17 Tahun 2023
Membangun good clinical governance yang baik, efektif, dan efisien
Memilih indikator sensitif pelayanan & asuhan keperawatan.

Lesson learn dari audit asuhan keperawatan konsep dan implementasi
Lesson learn dari implementasi audit mutu pelayanan keperawatan
Audit klinis dan peran komite dan bidang keperawatan dalam audit pelayanan dan audit keperawatan.

Selain itu, PT SPMN Group juga mengambil langkah-langkah praktis dengan menerapkan berbagai sistem digitalisasi seperti SIM RS, SIM Klinik, PPAB Digital, DPBB Digital dan sistem Accurate pada keuangan. Langkah ini tidak hanya membawa efisiensi operasional tetapi juga meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Dengan semangat inovasi PT SPMN Group siap menghadapi tantangan masa depan dalam dunia kesehatan yang semakin kompleks. PT SPMN Group membuktikan dirinya sebagai pelopor dalam membawa perubahan positif bagi layanan kesehatan masyarakat. (Kn/*)

Facebook Comments