PLN Electric Run 2023 Berhasil Kurangi Emisi 11.880 Kg CO2

0
86

Kinni.id, Tangerang – PT PLN (Persero) sukses menggelar PLN Electric Run 2023 yang diikuti 5.000 pelari di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang pada Minggu (10/12). Event lari nasional sekaligus ajang bagi PLN mengajak peserta menggaungkan spirit ramah lingkungan ini pun berhasil menyumbang gerakan pengurangan emisi karbon sebanyak 11.880 kilogram CO2.

_Flag off_ dilakukan dari titik start-finish Race Village PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park, Serpong secara bertahap sesuai kategori jarak mulai pukul 05.00 WIB dan dilepas oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN Electric Run 2023 dengan tema ‘Running the New Spirit’ ini menjadi ajang bagi perseroan mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya mereduksi emisi karbon. Hal ini bentuk upaya menjaga lingkungan sekaligus memitigasi dampak perubahan iklim.

“Caranya apa, salah satunya dengan berlari. Karena dengan teman-teman berlari ini nanti akan ada pengurangan emisi gas rumah kaca dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM. Kita lakukan ini untuk memastikan generasi yang mendatang lebih baik dari generasi saat ini,” ujar Darmawan, Senin (11/12/23).

Pengurangan emisi melalui PLN Electric Run 2023 terjadi karena berlari merupakan mobilitas tanpa emisi, dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. Maka, dengan total jarak yang ditempuh dan diikuti 5.000 pelari ini mampu mengurangi emisi sekitar 11.880 kg CO2.

Selain mengurangi emisi, PLN menjadikan event lari ini sebagai ajang berbagi kepada masyarakat pra sejahtera. Pada ajang PLN Electric Run 2023 ini, PLN mengkonversi jarak lari dan penghematan BBM yang dikumpulkan pelari menjadi biaya bantuan penyambungan listrik baru bagi masyarakat pra sejahtera.

BACA JUGA :   PKS: Dua Juta Nelayan Bisa Menganggur Jika BBM Naik

“Jadi dapat dua sekaligus, konsep ramah lingkungan untuk menekan emisi karbon, juga untuk berbagi berupa biaya sambungan listrik untuk masyarakat pra sejahtera. Bisa dibayangkan, berapa emisi yang bisa kita hindari jika kita melakukan mobilitas dengan berlari. Kami bersyukur, event ini disambut baik oleh para pecinta olahraga lari,” ujar Darmawan.

Darmawan pun berharap _event_ lari ini dapat membangun _awareness_ para pelari untuk ikut serta menjaga bumi melalui upaya mengurangi emisi karbon. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk menekan emisi karbon demi mencapai target _Net Zero Emissions_ pada 2060 atau lebih cepat. Apalagi, dengan antusiasme tinggi para peserta mengikuti PLN Electric Run 2023 kali ini.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh teman teman yang sudah mengikuti PLN Electric Run 2023 ini. Bahkan hanya dalam dua hari semua tiket sudah _sold out_. Artinya apa? Ada kekompakan bagi PLN didukung oleh seluruh komunitas agar kita bisa mengurangi emisi gas rumah kaca dan bisa mendinginkan bumi, itu adalah _tagline_ dari PLN Electric Run 2023,” ujar Darmawan.

Darmawan melanjutkan, PLN Electric Run 2023 juga diharapkan menjadi salah satu wadah dan penyemangat para atlet-atlet Indonesia untuk mengukir prestasi di kancah nasional hingga global. _Event_ lari ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu 5K, 10K, dan Half Marathon.

“Ini adalah spirit yang baru, tentu saja ini adalah awal yang baik PLN Electric Run 2023 akan diikuti PLN Electric Run 2024, 2025 dan tentu saja skalanya akan menjadi lebih besar lagi,” ujarnya.

Dalam ajang ini, hadiah yang disiapkan perseroan cukup fantastis dengan total Rp 850 juta. Tampil sebagai juara, Rikki Marthin Simbolon berhasil memenangkan juara 1 kategori Male Nasional Half Marathon dan Odekta Elvina Naibaho sebagai juara 1 kategori Female Nasional Half Marathon. Untuk kategori 10 kilometer, Syamsuddin Massa tampil menjadi juara _Male_ Nasional dan Asnida Aras juara di kategori _Female_ Nasional. Sementara untuk kategori 5 kilometer, Immanuel P. Hutasoit keluar menjadi juara _Male_ Nasional dan Novita Andriyani menjadi juara _Female_ Nasional.

BACA JUGA :   Real Count Sementara KPU, Gerindra Dominasi 9 Kursi DPRD Lamsel Disusul PDIP

Para pelari juga semakin bersemangat dengan tersedianya _lucky draw_ antara lain berupa 1 unit mobil listrik, 1 unit sepeda listrik, dan berbagai hadiah menarik lainnya. Musisi papan atas Maliq & D’essentials juga turut menghibur para pelari maupun hadirin yang berada di _race village_ sekaligus menjadi persembahan penutup dari acara PLN Electric Run 2023. (Kn/*)

Facebook Comments