Catat Sejarah Baru Golf Lampung Loloskan Pegolf Putri ke PON 2024

0
304

Kinni.id – Cabang olahraga golf Lampung mengukir sejarah untuk pertama kalinya berhasil meloloskan pegolf putri ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Pegolf putri Lampung yang lolos ke PON 2024 tersebut yakni Alya Joelyati. Ia mengantongi tiket PON 2024 usai tampil gemilang dengan bermain +1 dari Par atau score 73 pada babak kualifikasi PON 2024 di Jatinangor National Golf & Resort, Kamis (27/7/2023).

Selain pegolf putri, Lampung juga berhasil meloloskan dua atlet golf putra ke PON 2024 yakni Axel Lavega Emeralda dan Hermanto.

Jumlah atlet golf Lampung yang lolos ke PON 2024 ini bertambah bila dibandingkan PON 2021 di Papua yang kala itu meloloskan 1 pegolf putra.

Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi Lampung, Rahmat Mirzani Djausal mengaku bangga dan bersyukur dengan capaian prestasi para atlet golf Lampung tersebut.

Ia mengatakan hasil tersebut adalah buah dari kerja keras para atlet, pelatih, tim official serta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Lampung.

“Ini luar biasa membanggakan. Baru kali ini pegolf putri kita lolos ke PON. Ini sejarah yang patut kita semua syukuri,” kata Mirza –sapaan Rahmat Mirzani Djausal, saat dihubungi, Kamis (27/7/2023).

“Prestasi ini tentu tak datang toba-tiba, tapi ada proses. Ini adalah hasil kerja keras semuanya, para atlet, pelatih, official, dan tentu doa serta dukungan dari masyarakat Lampung,” lanjut Mirza.

Sementara itu, Sekretaris PGI Lampung, Ahmad Jares Mogni menambahkan babak kualifikasi PON 2024 tersebut diikuti sebanyak 24 provinsi. Untuk pegolf putra total terdapat 93 atlet, dan putri 42 atlet.

“Dari jumlah tersebut, untuk atlet putra yang otomatis lolos ke PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara sebanyak 52 orang, dan putri 23 orang. Alhamdulillah, kita berhasil meloloskan dua atlet putra dan 1 atlet putri di PON 2024,” kata Jares.

BACA JUGA :   Walikota Eva Dwiana Instruksi Jajaran Gerak Cepat Atasi Banjir

Jares mengatakan di PON 2024, tiga pegolf Lampung yang lolos nantinya akan memperebutkan medali di nomor Perorangan Putra, Perorangan Putri, dan Foursome Mix (Putra/Putri).

Facebook Comments