Terkonfirmasi Satu Kasus Covid-19 Probable Omicron di Lampung, Reihana Minta Masyarakat Jangan Panik

0
578

Kinni.id, Bandar Lampung – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengumumkan satu kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Lampung Probable varian Omicron, hal ini disampaikan setelah mendapatkan informasi dari Litbangkes.

Reihana mengatakan hal ini berdasarkan pemeriksaan PCR dengan metode S Gene Target Failure (SGTF) dengan hasil yang menunjukkan probable Omicron.

“Kami diberi informasi bahwa salah satu pasien masuk kasus probable Omicron. Berdasarkan surat dari Litbangkes Kementerian Kesehatan Nomor SR/01.07.2022 tentang laporan hasil pemeriksaan SGTF atau WGS Covid-19 di Lampung,” ujar Reihana, Jum’at (28/01/22).

Reihana menjelaskan ada dua jenis yang dikatagorikan dalam Omicron yaitu probable dan kedua konfirmasi Omicron. Namun satu kasus di Lampung dinyatakan Probable Omicron.

Reihana mengatakan terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Provinsi Lampung, yakni pada Kamis (27/01/22), dengan penambahan kasus konfirmasi mencapai 10 kasus.

“Memang dalam beberapa hari ini terjadi lonjakan kasus tapi belum diatas 15 untuk setiap sampel swab, dan kami rutin kirimkan WGS nya untuk melihat hasil mutasi gen terutama varian Omicron,” tuturnya.

Selanjutnya, Reihana menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik namu tetap menjalankan protokol kesehatan. Melakukan vaksin untuk yang belum vaksin, sebagai salah satu upaya untuk menekan angka penularan virus Covid-19.

“Untuk masyarakat jangan panik, tetap jaga kesehatan, perketat protokol kesehatannya serta jaga pola makan dengan makanan yang sehat untuk meningkatkan imunitas. Dan melakukan vaksin ketiga atau booster,” tutupnya. (KN)

Facebook Comments