Diduga Barang Bekas Impor Masuk Batam, Kinerja Bea Cukai Dipertanyakan

0
122

Kinni.id, Batam – Terkait dugaan bebasnya  barang-barang bekas impor dari luar negeri masuk ke Batam, membuat kinerja  Bea Cukai Batam perlu di pertanyakan. Hal ini terlihat semakin menumpuknya barang-barang bekas impor diduga dari Singapura yang dikirim menggunakan Kontainer yang dibongkar di Batu Ampar, didrop menggunakan truk kegudang penyimpanan serta dijual di pasar seluruh Kota Batam.

Bea cukai Batam sebagai garda terdepan dalam hal pengawasan keluar masuknya barang ke Batam patut di pertanyakan ?

Diduga lemahnya pengawasan dari institusi tersebut membuat barang-barang impor bekas tersebut dengan gampang bisa masuk ke Kota Batam .

Wilayah Batam yang  yang begitu dekat dengan negara Malaysia dan Singapura  membuat tingginya intensitas frekuensi lalu lintas barang yang masuk ke Batam, sudah  sepantasnya Bea Cukai lebih ekstra dalam pengawasan barang-barang bekas impor tersebut masuk ke Batam.

Menanggapi hal ini Mujiono  Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi ( Kasi KBLI ) Bea Cukai Batam, ketika di konfirmasi media kinni.id melalui pesan Whatsapp (wa), Rabu (26/6/2024) menjelaskan.

“Sebagai institusi yang bertugas digaris depan, sebagai filter awal dari masuknya barang dari luar negeri, Bea Cukai mendapat amanah aturan dari Kementerian/ Lembaga terkait lalu lintas barang”.

Mujiono menambahkan, “Posisi wilayah kerja BC Batam yang sangat dekat dengan Negara tetangga, sehingga membuat lalu lintas barang frekuensinya cukup tinggi. Sebagai community protector & trade facilitator BC Batam melaksanakan tugas pengawasan dan sekaligus pelayanan. Terkait dugaan masuknya barang2 yang diduga bekas dari luar negeri, BC Batam telah melakukan mitigasi resiko terhadap hal dimaksud. Implementasinya adalah mulai dari analisis lalulintas kapal, penelitian dan pemeriksaan dokumen-dokumen impor, sampai dengan pengawasan fisik. Dengan segala keterbatasan kami, BC Batam berusaha maksimal untuk melaksanakan pengawasan sekaligus pelayanan yg terbaik”.

BACA JUGA :   IKAPTK Lampung Memberi Tali Asih Kepada Alumni APDN

Lebih lanjut Mujiono menambahkan, “Kami paham juga bahwa segala usaha kami tidak akan maksimal tanpa ada dukungan dari segala lapisan masyarakat, terutama dari rekan media”. (Iwan)

Facebook Comments