Pemprov Lampung Ikuti Dialog Interaktif Pembumian Nilai-Nilai Pancasila

0
198

Kinni.id, Bandarlampung – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Intizam didampingi Sekretaris Dinas Kominfotik Provinsi Lampung dan Perwakilan Biro Adpim, menghadiri Acara Dialog Interaktif Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dengan Tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” secara virtual yang dibuka oleh Direktur Bina Ideologi, Karakter Dan Wawasan Kebangsaan Pada Ditjen Politik dan PUM, Drajat Wisnu Setyawan, di Ruang Video Conference Lt. I Diskominfotik Provinsi Lampung, Selasa (20/06/2023).

Acara Dialog Interaktif Pembumian Nilai-Nilai Pancasila ini diadakan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dengan tujuan adanya sinergi program antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta komunikasi dan koordinasi yang baik agar tercipta pola relasi yang saling memperkuat Pemerintah dalam memberikan nilai-nilai Pancasila secara masif kepada masyarakat.

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia telah diwariskan nilai-nilai luhur Pancasila yang berfungsi sebagai landasan ideologi negara yang telah diaktualisasikan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu melalui budaya toleransi, persatuan dan gotong royong, yang membedakan karakter bangsa Indonesia dengan negara-negara lain di dunia.

Nilai-nilai luhur Pancasila juga merupakan modal utama bagi masyarakat Indonesia yang multikultur sehingga dapat hidup selaras dan harmonis dalam bingkai NKRI dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cta bangsa.

Dalam sambutannya, Direktur Bina Ideologi, Karakter Dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Politik dan PUM, Drajat Wisnu Setyawan, mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila dapat menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu dalam mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia, khususnya dalam menghadapi tantangan dan ketidakpastian ekonomi global saat ini.

“Pengalaman nilai-nilai luhur Pancasila di Indonesia bukan tanpa tantangan, di era globalisasi dan kemajuan TIK saat ini, munculnya beragam informasi hoax dan ujaran kebencian tanpa disadari telah menggeser nilai-nilai bangsa yang selama ini terpatri kuat dan menjiwai kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” ucap Drajat Wisnu Setyawan

BACA JUGA :   Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Lesty Putri Utami Ajak Masyarakat Tanjungbintang Senam SICITA

“Pembumian nilai-nilai Pancasila perlu diambil sebagai langkah prioritas, sehingga nilai Pancasila tak sekedar melangit, tetapi membumi, pembumian Pancasila perlu dilakukan melalui berbagai cara dan platform, sesuai dengan karakteristik dan semiotasi masyarakat Indonesia saat ini demi tersampaikannya nilai-nilai Pancasila secara informatif, efisien dan efektif,” pungkas Drajat Wisnu Setyawan. (Kn/red)

Facebook Comments