Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Terima Rp3,86 Triliun Per 31 Mei 2023

0
163

Kinni.id, Bandarlampung – Kantor Wilayah DJP Bengkulu dan Lampung (Be-La) mencatat penerimaan pajak di Provinsi Lampung dan Bengkulu per 31 Mei 2023 mencapai 3,86 triliun atau sebesar 37.49% dari target 10.29 triliun yang diamanahkan pada tahun ini.

Sedangkan capaian kepatuhan SPT yang ada di Kanwil DJP Be-La sampai dengan tanggal 30 Mei 2023 adalah sejumlah 428.311 SPT atau sebesar 79.34 % dari target 539.833 SPT yang diamanahkan.

Hak itu disampaikan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Be-La, Tri Bowo dalam giat media gathering Kanwil DJP Be-La dengan insan pers Provinsi Lampung di Aula Rafflesiger Lt. 5 Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Kota Bandar Lampung, Lampung, Senin (05/06/23).

Hadir dalam media gathering, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah, Kabid P2Humas Kanwil DJP Be-La Sugiri Tejanagara, Sekjen PWI Provinsi Lampung Andi S. Pandjaitan, Wasekjen Ariyadi Ahmad, Ketua PWI Lampung Peduli Zaini Tubara, serta Wakil Ketua PWI Provinsi Lampung Amirudin Sormin dan Segan Petrus Simanjuntak.

Tri Bowo menjelaskan, jumlah penerimaan pajak tersebut diperoleh dari dua wilayah kerja Kanwil DJP Be-La, yakni Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu. Dengan luas wilayah tersebut, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung memiliki total 1.845.614 wajib pajak terdaftar yang tersebar di dalam 8 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, 1 KPP Madya dan 11 Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan
(KP2KP).

“Rinciannya adalah 1 KPP Madya, 5 KPP Pratama dan 7 KP2KP berada di Provinsi Lampung. Sedangkan 3 KPP Pratama dan 4 KP2KP berada di Provinsi Bengkulu,” jelasnya.

Lanjutnya, seluruh unit kerja dibawah Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung didominasi oleh generasi millennial, memiliki total 1.028 pegawai, tersebar di provinsi Lampung dan Bengkulu.

BACA JUGA :   Fauzi Hasan Hadiri Musrenbang di Balai Tiyuh Mulya Jaya

“Untuk unit kerja Kanwil DJP Bengkulu dan
Lampung, total sebanyak 134 pegawai,” ujarnya.

Disampaikannya juga, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung masuk ke dalam nominasi 5 besar Kanwil Terbaik di Tahun 2022. “Saat ini, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung sedang dalam proses penilaian Kanwil Terbaik Tahun 2022,” kata dia.

Untuk menjadi Kanwil Terbaik, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung memiliki modal segudang inovasi dan prestasi untuk bersaing di tingkat nasional. Setidaknya ada 5 Inovasi Unggulan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung.

Pertama, PIPEKOM (Penguatan Integritas dan Peningkatan Kompetensi Pegawai). Program resmi yang diusulkan oleh Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung sebagai media internalisasi, membangun sinergi, meningkatkan kompetensi, dan sarana penyebaran informasi. Materi yang disampaikan terkait penerapan kode etik dan kode perilaku, antikorupsi, sharing knowledge antar bidang/bagian dan sebagainya yang mendukung penguatan integritas dan peningkatan kompetensi pegawai Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung. PIPEKOM yang dilakukan secara daring dan rutin dilaksanakan tiap bulan.

Kedua, AKAR (Aktivitas Account Representative). Aplikasi untuk memonitor kegiatan dan aktivitas yang dilakukan oleh Account Representative di Lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung yang dapat diakses oleh pihak yang diberi kewenangan melalui jaringan intranet.

Ketiga, Propera (Progres penyelesaian keberatan dan/atau non keberatan). Aplikasi yang dikembangkan oleh Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung sebagai sarana monitoring dan pelayanan kepada wajib pajak yang mengajukan permohonan keberatan dan/atau non keberatan.

“Manfaat bagi internal adalah kemudahan dalam memonitoring jatuh tempo permohonan keberatan dan non keberatan, pembuatan laporan dan pencarian dokumen Surat Keputusan yang sudah didigitalisasi. Manfaat bagi eksternal adalah Wajib Pajak menerima notifikasi berupa Whatsapp yang dikirimkan sesuai dengan progress perkembangan terkini permohonan yang mereka diajukan,” jelasnya.

BACA JUGA :   Bustami Zainudin Apresiasi Sikap NU Lampung Tolak Politik Uang

Keempat, Tri Bela (Tax Revenue Information Bengkulu dan Lampung). Aplikasi untuk memonitor penerimaan pajak Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dan KPP yang menjadi unit vertikalnya. Terakhir, CCTV TerintgrasiP emantauan kegiatan pelayanan di Tempat Pelayanan Terpadu KPP/KP2KP secara realtime dengan penempatan CCTV)

“Kedepannya kami memohon doa dan dukungan dari semua pihak, agar Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung terpilih menjadi Kanwil Terbaik Tahun 2022,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments