Pemerintah Kampung Negeri Mulyo Salurkan BLT DD

0
209

Kinni.id, Way Kanan – Pemerintah Kampung Negeri Mulyo kembali salurkan BLT DD kepada 25 KPM di Kecamatan Gunung Labuhan, pelaksanaan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2023 di GSG Kampung Negeri Mulyo Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan, Sabtu (15/4/2023).

Selaku Penjabat Kampung Negeri Mulyo Rusdi, SE mengatakan Sebanyak 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima uang tunai sejumlah Rp. 900.000,- untuk 3 bulan yaitu Januari sampai dengan Maret 2023 yang bersumber dari dana desa berdasarkan hasil survei dan musyawarah tokoh masyarakat dan aparatur kampung bahwa penerima BLT DD extreme.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang isinya yaitu Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bagi keluarga miskin ekstrem, merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 tentang Pecepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 25% (persen) dari total pagu Dana Desa Setiap Desa.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Gunung Labuhan Syaidan, SE, Kapolsek Gunung Labuhan Abdul Haris, Babinsa, Babinkamtibmas penerima KPM, Pejabat Pemerintah Kampung Rusdi,SE, Ketua BPK Pendamping Lokal Desa dan seluruh aparatur pemerintah kampung setempat.

Rusdi selaku penjabat pemerintah kampung menyampaikan kriteria Penerima BLT DD diantaranya keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“Yang mendapatkan BLT DD Tahun 2023 ini adalah warga miskin yang belum tercover bantuan dari pemerintah seperti PKH dan BPNT. Harapannya dengan adanya BLT DD yang kita bagikan hari ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu,” terang Rusdi. (Nusi/Fik)

Facebook Comments
BACA JUGA :   Meriahkan Dua Dekade Partai Demokrat Banjir Hadiah Ratusan Juta Rupiah