Forkopimda Kabupaten Lampung Barat Rakor Persiapan Ramadhan dan Hari Raya

0
127

Kinni.id, Lampung Barat – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam Rangka kesiapan menghadapi Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 di Ruang Rapat Pesagi, Senin (20/3/2023).

Selain Forkopimda Lampung Barat turut hadir dalam Rapat tersebut PJ. Sekda Drs. Adi Utama, Asisten bidang administrasi umum Ismet inoni, Kepala Perangkat Daerah dan Camat.

Dalam kegiatan tersebut Adi Utama menyampaikan, “mengingat tahun ini merupakan tahun pertama bebas dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), yang sebelumnya kegiatan ramadhan mengalami pembatasan di sebabkan wabah covid 19. Oleh karna itu, bulan suci ramadhan 1444 hijriah sudah bisa dilaksanakan seperti biasanya sebelum Indonesia dilanda wabah covid-19,” ujarnya.

Kemudian, Pelaksanaan ibadah ramadhan dan idul fitri tetap menunggu keputusan dari pemerintah melalui sidang isbat.

Selanjutnya, takbiran di malam idul fitri di lakukan didalam masjid dan apabila melaksanakan pawai keliling, maka masyarakat harus berkoordinasi dengan pihak keamanan.

“Shalat idul fitri 1 syawal 1444 pada tahun ini sudah dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka namun harus tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait” Ujarnya

Pelaksanaan ibadah Ramadhan dan shalat idul fitri serta halal bi halal yang biasanya di lakukan di tempat umum dengan melibatkan sejumlah jama’ah dapat di laksanakan dengan menjaga situasi lingkungan yang baik.

Sementara itu, Pj Bupati Lambar Drs. Nukman,MM menanggapi hal tersebut “rapat ini merupakan salah satu strategi dalam menyusun rencana kegiatan di bulan suci ramadhan di tahun 2023,” ungkapnya.

Kemudian, Nukman menyampaikan sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan kita akan melakukan pembersihan lingkungan dan keamanan di lambar,” tutupnya. (roma/fik)

Facebook Comments
BACA JUGA :   Elly Wahyuni Yakin Prabowo-Gibran Menag Satu Putaran