FKUB-Polres Pesisir Barat Gelar Silaturahmi

0
184

Kinni.id, Pesisir Barat – Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra S.IK, M.H menggelar silaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten setempat di Lamban Apung, Senin sekira pukul 11.00 Wib (20/03/2023)

Dalam sambutannya Ketua FKUB Rusman Umari menyampaikan terimakasih atas kehadiran semua yang tergabung dalam FKUB.
saudara saudaraku semua. Momen ini sangat istimewa dimana semua perwakilan umat beragama bisa hadir berama Kapolres, kata Rusman.

Sebagaimana kita ketauhi bersama bersama, FKUB merupakan suatu wada yang saling bertoleransi untuk kelangsungan kehidupan umat beragama.

“Saya berharap kita semua bisa memberikan informasi bila ada permasalahan dan kita sama sama carikan solusinya,” pungkas Rusman.

Sementara, Kapolres Pesisir Barat AKBP AlsyahendraL, S.IK, M.H menyampaikan ucapan yang sama. Dirinya menghaturkan ucapan terimakasih atas kesediaan bapak ibu yang telah melangkahkan kaki ke Lamban Apung.

“Ini moment yang berharga bagi kami, sebagaimana disampaikan Ketua FKUB, bahwa FKUB ini adalah wadah yang berisikan seluruh umat beragama di Kabupaten Pesisir Barat.

Tujuan kami bersilaturahmi karena kami disini pendatang baru, mau mengenal lebih dekat lagi dengan Bapak ibu semua. Kami berharap dari silaturahmi ini, kedepan kita bisa membangun Pesisir Barat sejahtera dan kerukunan terus terjaga,” terang Kapolres.

Nantinya lanjut dia, bila ada permasalahan silahkan dikoordinasikan dengan Polres, karena sudah menjadi kewajiban bagi polisi untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

” Semoga Allah SWT memberikan petunjuk kepada kita semua, memberikan jalan yang terang sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Pesisir Barat ini dapat lebih baik lagi,” tutup Kapolres.

Pertemuan Kapolres dan FKUB dilanjutkan dengan sesi dialog dan tanya jawab yang disampaikan Ketua MUI Kadarusman, ia berharap ada penambahan Polsek dan anggota bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Pesisir Barat serta penambahan bhabinkamtibmas.

BACA JUGA :   Terima Kemajuan Teknologi Namun Tetap Merawat Ideologi Pancasila

Menjawab permintaan itu Kapolres mengatakan telah mengajukan usulan ke Mabes Polri, akan tetapi semuanya membutuhkan proses dan waktu.

“Tentunya semua perlu proses dan waktu, direncanakan wilayah Bengkunat Belimbing dan Ngambur memiliki Polsek tersendiri mohon dukungan dan doa restu,” tuturnya.

Kapolres menambahkan untuk personil saat ini masih menjadi masalah besar. Dimana rasio Polri dalam pelayanan kepada masyarakat 1 : 3000.

“Kapolda sudah menyampaikan akan ada penambahan personil untuk
mengisi Polres Pesisir Barat, sehinga pelayanan kita kepada masyarakat berjalan bisa maksimal,” ungkap Kapolres

Masih dalam dialog, Sekretaris PHDI Pesisir Barat Aris Biantoro menyampaikan saat ini PHDI telah dan baru memiliki 30 pecalang sebagai keamanan swadaya.

Umat Hindu di Pesisir Barat berada di kecamatan Pesisir Seatan, Ngambur dan Kecamatan Bengkunat, pecalangnya baru 30 orang. Kami siap mendapatkan pembinaan dari Polres,”tegas Aris.

Ungkapan Aris pun ditanggapi, Kapolres mengaku akan memaksimalkan fungsi polisi. Nantinya akan dibentuk Kelompok Sadar Kamtibmas ( Pokdar Kamtibmas ). Peran serta masyarakat diperlukan sebagai perpanjangan tangan kepolisian dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dilingkungan atau tempat tinggalnya.

Saat silaturahmi, Kapolres AKBP Alsyahendra, S.IK, M.H didampingi Kabag Ren Kompol Jaelani SH, M.H , Kasat Binmas Iptu Totok Tri Winarno dan Kasat Intel Fery Yuliansyah, S.sos M.M

Turut hadir Ketua FKUB Rusman Umari, Kabid Kesbangpol Budiono, bendahara FKUB Herdi Wilismar S.H, M.M, Ketua MUI, Drs. Kadarusman , Ketua PHDI gusti kadek Artawan, Komang mewakili Ketua Peradah (hindu) , tokoh umat katolik Dalyono, serta tokoh umat protestan Sumaryanto. Gus

Facebook Comments