Grafik E-Samdes Terus Naik Upaya Pemprov Lampung Menjangkau Pembayaran Pajak dari Desa

0
198

Kinni.id, Bandar Lampung – Menjalankan program pembayaran pajak melalui desa yaitu E-Samdes atau Elektronik Samsat Desa yang dikelola BUMDes untuk dapat memberikan pelayanan yang menjangkau kepada masyarakat desa dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala Bandan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Adi Erlansyah SE., MM menyampaikan saat ini progresnya terus tumbuh.

“Alhamdulilah grafik yang ditunjukkan terus berjalan naik, saat ini sudah mencapai 2 miliar lebih pendapatan dari masyarakat yang melakukan transaksi E-Samdes melalui BUMDes,” kata Adi Erlansyah di Bandarlampung, Rabu (22/06/22).

Kemudian, Pj Bupati Pringsewu mengatakan ada beberapa kriteria BUMDes yang dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Jadi tidak sembarang, BUMDes yang dapat melakukan transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor itu ada beberapa kriteria. Pertama telah terdaftar sebagai agen Laku Pandai Bank Lampung, kedua berbadan hukum, ketiga memiliki usaha yang aktif, keempat lokasi tidak berdekatan dengan unit pelayanan Samsat (minimal 5km), kelima memiliki koneksi jaringan internet yang baik, keenam memiliki SDM yang memadai untuk mengoperasikan komputer,” tegasnya.

Adanya program pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui BUMDes, Adi berharap dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak.

“Kita berharap melalui BUMDes dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat desa untuk lebih dekat dalam menjangkau tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor dari lokasinya,” tutupnya. (KN)

Selanjutnya, Adi Erlansyah berharap kabupaten/kota dapat membantu mensosialisasikan program pembayaran PKB melalui BUMDes, dengan begitu program tersebut akan dapat berkembang dan berjalan. (KN)

Facebook Comments
BACA JUGA :   RMD: Jangan Lengah, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan